Manfaat Susu

Siapa diantara kita yang tidak pernah minum susu? pastinya tidak ada. Sejak bayi kita sudah diberikan susu oleh ibu yaitu Air Susu Ibu. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat.
Dikutip dari kompas.com, Indonesia memiliki tingkat konsumsi susu paling rendah dibanding negara-negara Asia Tenggara lainnya, yakni 12 liter per kapita per tahun. Sedangkan Malaysia 39 liter, Vietnam 20 liter, dan Thailand 17 liter. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya minum susu sangat rendah. Di beberapa negara maju, minum susu merupakan hal yang biasanya dihidangkan pada saat sarapan.
Hasil gambar untuk susuBerdasarkan wikipedia, Susu tidak hanya dari sapi, tetapi juga dari beberapa hewan mamalia lainnya yang dihasilkan melalui peternakan susu. Susu dari jenis hewan ternak selain sapi diantaranya.

  1. Susu domba
  2. Susu kambing
  3. Susu kuda
  4. Susu kerbau
  5. Susu keledai
  6. Susu unta, termasuk unta di Amerika Selatan, seperti llama
  7. Susu yak susu Rusa, terdapat di rusia.
Manfaat susu bagi balita.



Menjaga Kesehatan Tulang,

Susu menandung Kalsium yang baik untuk tulang, oleh karena itu bagi balita yang mengkonsumsi susu dengan teratur akan memiliki kekuatan tulang yang optimal hingga 20-30 tahun.Selain untuk menjaga kesehatan tulang susu juga baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.



Menjaga Kesehatan Gigi,

Selain mengandung kalsium, susu juga mengandung fosfor yang baik untuk menjaga pertumbuhan gigi anak. Kalsium dan fosfor sama-sama akan menjaga kesehatan gigi anak. Selain kedua itu, salah satu protein terpenting yang ditemukan dalam susu adalah kasein. Ini membantu membentuk film (lapisan) tipis di permukaan email gigi dan membantu mencegah hilangnya kalsium dan fosfat. Hal ini sangat membantu ketika gigi anak mungkin terkena asam hadir di mulut.



Menjaga berat badan

Seperti yang kita ketahui, dewasa ini tingkat kematian akibat obesitas semakin tinggi. Oleh sebab itu, diet dengan asupan susu dan produk susu terlihat mendukung penurunan berat badan, dan menjaga massa otot tubuh.



Meringankan Depresi

Susu dapat meringankan depresi, hal ini karena susu mengandung senyawa-senyawa yang dapat memanipulasi hormon. Vitamin D dalam jumlah memadai mendukung produksi serotonin, hormon yang berhubungan dengan mood (suasana hati), nafsu makan, dan tidur. Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan depresi, kelelahan kronis, dan PMS. Susu sapi – dan sejumlah makanan lain - sering diperkaya dengan vitamin D.



Manfaat susu bagi remaja atau dewasa muda,



Remaja merupakan masa transisi dari masa anak – anak menuju masa dewasa. Transisi yang dialami remaja ini merupakan sumber resiko bagi kesejahteraan fisik dan mental remaja (Grabber, dkk, 1994). Banyak opini publik yang mengatakan bahwa minum susu hanya untuk anak-anak, padahal saat memasuki usia remaja, banyak dari kita yang mengurangi bahkan berhenti untuk minum susu. Padahal susu sangat baik bagi remaja atau dewasa muda. Setidaknya dengan meminum susu satu gelas setiap hari sangat di anjurkan. Untuk itu mari kita bahas manfaat susu bagi kesehatan remaja atau dewasa muda.



Remaja muda banyak yang memiliki alasan untuk tidak mengkonsumsi susu, seperti alergi, memiliki bau yang tidak sedap, takut gemuk dan juga faktor ekonomi. Berikut informasi dari manfaat dari susu bagi kaum remaja yang perlu kamu ketahui.



Osteoporosis.

Susu sangat baik untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana tulang menjadi rapuh sehingga berisiko lebih tinggi untuk terjadinya fraktur (pecah atau retak) dibandingkan tulang yang normal. Osteoporosis terjadi karena ketidakseimbangan antara pembentukan tulang baru dan resorpsi tulang tua (Ramadhani, 2010).

Banyak orang yang beranggapan bahwa ini merupakan penyakit untuk orang tua atau lansi, padaha proses terjadinya penyakit tersebut sudah terakumulasi akibat kurang mengkonsumsi kalsium yang terdapat pada susu saat usia remaja.



Perawatan Kulit

Tidak hanya kaum hawa, kaum pria juga pasti mendambakan memiliki kulit yang indah, sehat dan cerah. Susu sapi mengandung protein, fosfor, kalsium, mineral, kasein, dan vitamin. Oleh sebab itu selain baik untuk tulang, kita juga dapat memanfaatkan untuk kencantikan. Susu dapat digunakan sebagai pembersih wajah yang alami, melembabkan kulit dan bibir pecah-pecah, mencerahkan kulit, mencegak penuaan dini, mengecilkan pori-pori dan juga dapat membuat kulit kamu lebih kenyal.



Perawatan Rambut

Rambut mu adalah mahkota mu, seperti itu lah bunyi pepatah yang sering kita dengar. Dengan mengunakan susu sebagai salah satu perawatan pada rambut, kamu akan mendapatkan rambut yang lebih indah. Susu dapat digunakan untuk menghaluskan rambut-rambut kasar dan kering, sebagai kondisioner alami, membuat rambut tambah lebih bersinar dan berkilau serta sebagai masker untuk kamu yang memiliki rambut mudah rontok.



Dewasa dan Orangtua



Susu memiliki beberapa manfaat tersendiri bagi orang yang lanjut usia, yaitu:



Baik untuk kesehatan jantung. Susu juga mengandung kalium, yaitu zat gizi yang berperan dalam tekanan darah. Berbagai studi menyatakan bahwa meningkatkan asupan kalium efektif menurunkan risiko penyakit jantung. 

Mencegah osteoarthritis. Osteoartritis berasal dari bahasa Yunani yaitu osteo yang berarti tulang, arthro yang berarti sendi, dan itis yang berarti inflamasi meskipun sebenarnya penderita osteoartritis tidak mengalami inflamasi atau hanya mengalami inflamasi ringan (Koentjoro, 2010). Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Arthitis Care & Research menyatakan bahwa minum susu dengan rutin dapat mencegah pengapuran sendi.

Menjaga massa otot. Masalah yang sering dihadapi para lansia adalah hilangnya massa otot. Hal ini dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi susu karena susu adalah salah satu sumber protein yang baik. Namun hal ini harus diiringi juga dengan aktivitas fisik.

Bagi kaum lansia, mengkonsumsi susu segelas sehari sudah cukup. Namun perlu di pertimbangkan kadar gula dan lemak yang terdapat pada susu tersebut. Susu rendah lemak dan gula sangat di sarankan untuk lansia, karena gula yang berlebihan akan mengakibatkan penyakit gula dan juga lemak yang tidak baik akan berpengaruh pada kesehatan jantung.

Referensi
  • Ramadhani, M. (2010). Jurnal Kesehatan Masyarakat. faktor-faktor penyebab osteoporosis dan pencegahannya.
  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/manfaat-susu-untuk-kecantikan/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Susu




Comments